Beragam Manfaat Pelukan Orangtua dengan Anak, Bisa Kurangi Stres

Laporan kumpulan berita terkini dari berbagai media nasional - Kapan terakhir kali memeluk anak Anda? Memeluk anak ternyata bisa memberikan dampak luar biasa bagi mereka.

Menurut psikolog klinis lulusan Universitas Indonesia Nirmala Ika M.Psi, berpelukan secara tulus antara orang tua dan anak dapat membuat mereka merasa dicintai dan diterima, serta dapat menyalurkan kebahagiaan.

“Semua anak butuh perasaan dicintai, dia merasa butuh diterima atau nggak diterima, pelukan ini bisa jadi media yang membuat mereka merasa dicintai, pelukan memberi rasa bahagia, dengan kemudian kita memeluk anak dia akan merasa bahagia,” kata Nirmala, seperti dilansir dari Antara, Rabu (17/7/2024).

  • 6 Kesalahan Orangtua Saat Mengatasi Anak Tantrum 
  • 7 Tips Agar Tidak Memukul Anak Saat Emosi, Orangtua Harus Tahu

Ia menyayangkan, saat ini masih banyak orangtua yang canggung untuk memeluk anaknya sendiri karena didikan pada zamannya yang cenderung menerapkan batasan antara orangtua dan anak.

Padahal secara umum, berpelukan dapat memberikan manfaat menghasilkan hormon bahagia, baik pada orang dewasa maupun anak.

Hormon ini akan membantu menurunkan level stres sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh, yang pada akhirnya dapat membantu seluruh organ tubuh berfungsi dengan baik pula.

Nirmala menambahkan, pelukan selama 10 detik cukup untuk mengisi rasa bahagia anak. Kendati demikian, pastikan pelukan tersebut diberikan secara tulus dan orangtua memastikan kehadirannya, tanpa terdistraksi pikiran tentang hal lain.

“Secara psikologis yang penting hati kita tulus atau nggak, bisa enggak dalam beberapa puluh detik kita benar-benar di situ, memeluk dia,” ucap Nirmala.

Kebiasaan berpelukan ini juga menurutnya baik untuk dilakukan hingga anak dewasa. Meskipun, sebagian anak menjadi jarang ingin dipeluk jika sudah masuk ke usia pubertas.

Adapun pelukan dan sentuhan fisik orangtua juga bisa menjadikan anak memiliki hati yang tenang ketika dewasa dan dapat menularkan kebahagiaannya kepada orang lain karena terpapar kasih sayang dari orangtuanya.

  • Usia Berapa Anak Boleh Nonton Bioskop? Orangtua Wajib Tahu 
  • Orangtua, Ini 5 Cara Ampuh Atasi Kecanduan Gadget pada Anak

Ia berharap, bertepatan dengan Hari Memeluk Anak 15 Juli, semakin banyak orangtua yang sadar pentingnya hadir bagi anak dan memeluknya secara tulus.

“Kita juga harus mengajarinya siapa yang boleh peluk siapa yang enggak boleh, pelukan seperti apa yang boleh dan enggak, tapi ketika dia masih mau pelukan sama kita sebagai orangtua dia akan mau-mau saja dipeluk orangtuanya karena tidak di-judge,” katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/07/17/204817820/beragam-manfaat-pelukan-orangtua-dengan-anak-bisa-kurangi-stres