Gebyar Gamelan Klaten Keren, Sajikan Penampilan Gamelan Kekinian untuk Anak Muda

Konser gamelan bertajuk Gebyar Gamelan Klaten Keren akan digelar pada Sabtu (10/8/2024) di Alun-alun Klaten, Jawa Tengah mulai pukul 19.30 WIB.

Meski gamelan sering dianggap sebagai instrumen musik yang tradisional atau kuno, kali ini gamelan akan disajikan secara berbeda.

Hal itu disampaikan oleh seniman dan komposer Gebyar Gamelan Klaten Keren bernama Sukisno.

“Bahwa gamelan ini tidak disikapi sebagai gamelan tradisi. Artinya dalam era globalisasi, gamelan perlu menyejajarkan dengan karakter pemuda,” ujar dia kepada salah satu media nasional, sesuai yang dikompilasi kumpulan berita terkini Sabtu (10/8/2024).

Ia melanjutkan, oleh karena itu penampilan konser gamelan disajikan dengan konsep kekunoan yang digarap secara kekinian.

“Kekinian itu berangkat dari kekunoan. Tidak mungkin ada kekinian tanpa kekunoan,” sambung Sukisno.

Penyajian gamelan kekinian untuk anak muda

Pada acara kali ini, nantinya gamelan bukan satu-satunya hal yang ditampilkan karena juga memasukkan beberapa elemen, seperti unsur tari, paduan suara gamelan. 

Kemudian, juga memasukkan unsur musikal, seperti gamelan yang tidak hanya satu, melainkan empat perangkat.

“Kemudian genre-nya kita ambil dari musik pop, jazz rock, kita masukkan dalam dunia gamelan,” tutur Sukisno.

Menurut dia, target Gebyar Gamelan Klaten Keren memang ditujukan untuk anak muda agar mereka kembali peduli dengan kesenian tradisonal gamelan.

“Karena gamelan sangat terkucilkan oleh generasi muda, sehingga mereka lebih memilih kesenian dari luar negeri yang jadi penghalang kita untuk mengembangkan kesenian sendiri,” sambung Sukisno.

Laporan kumpulan berita terkini dari berbagai media nasional

Oleh karena itu, ia berupaya menjadikan gamelan sebagai pendamping anak muda di era globalisasi.

“Sehingga mungkin nanti lama-lama anak muda tahu jika ternyata gamelan bisa disajikan dalam kemasan-kemasan kekinian, seperti galapop (gamelan pop). Dan gamelan ber-genre jazz rock, keroncong, dan macam-macam,” kata Sukisno.

Ada empat repertoar atau penampilan dengan durasi masing-masing 15 menit. Setiap repertoar akan menyuguhkan penampilan gamelan kekinian dengan genre beragam. Semua karya yang disajikan merupakan karya Sukisno

Jika ingin mengisi malam minggu dengan menonton Gebyar Gamelan Klaten Keren, masyarakat bisa langsung datang ke Alun-alun Klaten pada Sabtu (10/8/2024) pukul 19.30 WIB secara gratis.

https://travel.kompas.com/read/2024/08/10/094128227/gebyar-gamelan-klaten-keren-sajikan-penampilan-gamelan-kekinian-untuk-anak