Pemkab Raja Ampat Tingkatkan Kompetensi Pelaku UMKM dan Kewirausahaan

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menggelar kegiatan peningkatan pengetahuan UMKM serta kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia UMKM dan kewirausahaan.

Kegiatan itu dibuka secara resmi Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Wahab Sangadji di Waisai Kamis (6/9/2024).

Dalam arahannya, Wahab Sangadji memberikan apresiasi kepada seluruh peserta serta seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

"Saya juga sangat bangga kepada seluruh peserta yang hadir, yang merupakan pelaku UMKM dari berbagai sektor," ujar Wahab Sangadji.

Menurutnya, kehadiran dan partisipasi aktif para peserta dari kalangan masyarakat menunjukkan semangat dan komitmen untuk terus belajar dan mengembangkan diri demi kemajuan usaha lebih baik.

Pemerintah daerah sangat mendukung dan mengharapkan agar melalui kegiatan ini, para pelaku UMKM semakin memperkuat kompetensi dan daya saing.

Ia berharap, setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta mampu menerapkan ilmu yang diterima menciptakan inovasi, serta membuka lebih banyak peluang kerja bagi masyarakat di sekitar.

"Setelah mengikuti pelatihan ini, saudara-saudara mampu menerapkan ilmu yang didapat dalam mengembangkan usaha," jelasnya.

Ia bilang, UMKM di Raja Ampat dapat semakin terintegrasi dengan perkembangan teknologi, khususnya di era digitalisasi saat ini.

Penggunaan teknologi dalam pemasaran produk, manajemen keuangan, hingga pengembangan jaringan bisnis merupakan aspek penting yang perlu dikuasai agar UMKM tidak tertinggal di era globalisasi. (/willem oscar makatita)

https://sorong.tribunnews.com/2024/09/06/pemkab-raja-ampat-tingkatkan-kompetensi-pelaku-umkm-dan-kewirausahaan