Ketum PSSI Erick Thohir Pastikan SUGBK Siap Digunakan untuk Laga Timnas Indonesia Kontra Australia

JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memeriksa kondisi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (7/9/2024).

Erick Thohir lakukan pengecekan untuk memastikan SUGBK siap digunakan untuk laga Timnas Indonesia kontra Timnas Australia pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup C, Selasa (10/9/2024) pukul 19.00 WIB.

Usai memeriksa, Erick Thohir mengatakan bahwa SUGBK sudah digunakan untuk pertandingan penting Timnas Indonesia versus Australia.

Meski demikian, Erick Thohir menuturkan bahwa akan ada beberapa improvement yang tidak signifikan jelang pertandingan Indonesia lawan Australia nanti.

"Secara keseluruhan, keadaan stadion cukup baik. Akan ada beberapa improvement, tetapi tidak ada yang signifikan yang akan mengganggu pertandingan," kata Erick Thohir dikutip dari pssi.org.

"Kami berkomitmen dalam memastikan ke pengelola GBK semua sudah siap untuk pertandingan menghadapi Australia," ucap Erick Thohir.

Dalam peninjauan yang didampingi Kepala Pusat Pengelolaan Komplek Gelanggang Olahraga Bung Karno (PPKGBK), Rakhmadi A Kusumo, Erick Thohir mengecek kondisi rumput dan fasilitas pendukung lainnya untuk kedua tim serta penonton yang dipastikan akan memenuhi SUGBK.

"Usai kemarin kita mampu mencuri satu poin melawan Arab Saudi, maka laga kandang pertama Timnas melawan Australia menjadi sangat krusial," jelas Erick Thohir.

"Jadi, kami pastikan kondisi rumput dan stadion benar-benar prima sehingga Timnas bisa meraih hasil maksimal," terang Erick Thohir.

BERITA VIDEO: Dugaan Gratifikasi Kaesang, Mahfud Singgung Korupsi Terbongkar dari Anak

Target Shin Tae-yong

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Timnas Indonesia sedang bersiap hadapi Timnas Australia pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup C.

Duel itu akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024) pukul 19.00 WIB.

Sebelum jamu Australia, Timnas Indonesia sukses membawa pulang satu poin seusai menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1 di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Jumat (6/9/2024) pukul 01.00 WIB.

Usai sukses imbangi Arab Saudi, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan bahwa skuad Garuda akan menjadi kuda hitam di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup C.

"Saya punya kepercayaan besar terhadap para pemain Timnas Indonesia. Saya akan terus menyemangati dan mendorong mereka untuk mencapai level tertinggi," kata Shin Tae-yong dikutip dari pssi.org.

"Kami juga punya tujuan jelas pada fase ini. Kami akan menjadi kuda hitam pada kualifikasi," tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Hasil imbang melawan Arab Saudi, membuat Indonesia mengoleksi 1 poin dari 1 laga, sama seperti Arab Saudi.

Di atasnya ada Jepang dan Bahrain dengan mengoleksi 3 poin.

Terkait pertandingan melawan Arab Saudi, Shin Tae-yong menyatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi perjuangan pasukan Merah Putih.

"Pertandingan ini (kontra Arab Saudi) sangat sulit. Kondisi cuaca memengaruhi kedua tim. Level permainan sangat tinggi di antara kedua tim. Saya sangat bangga dengan para pemain," jelas Shin Tae-yong .

"Saya sangat percaya pada tim dan para pemain saya, dan saya akan terus mendorong mereka untuk mencapai level tertinggi," tutur pelatih berusia 53 tahun tersebut.

BERITA VIDEO: Permintaan Paus Fransiskus Soal Mobil: Tanpa Kaca Film Gelap dan Tidak Anti Peluru

Peran Pemain Abroad

Selain itu, Shin Tae-yong menuturkan bahwa pengalaman bermain di klub-klub luar atau pemain abroad jadi salah satu faktor skuad Garuda mampu menahan imbang Arab Saudi.

"Fisik yang lebih baik, teknik dan latihan dalam memahami dan mengetahui hal-hal teknis. Jadi saya mendorong hal itu, dan para pemain yang bermain di abroad itu sangat sangat membantu tim kami, selalu bervariasi,” kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

Shin Tae-yong juga turut memuji kesolidan tim Arab Saudi yang ditukangi Roberto Mancini itu .

Pertandingan ini juga dikatakan Shin Tae-yong jadi pembelajaran yang baik bagi Timnas Indonesia .

“Arab Saudi selalu dalam performa terbaik. Saya sangat menghargai teknik individu dan ini adalah kekuatan yang sangat bagus,” ujar Shin Tae-yong .

“Dan di bawah pelatih kepala seperti Mancini, tim Arab Saudi terlihat lebih baik dan terorganisir,” ucap Shin Tae-yong .

BERITA VIDEO: Prabowo Temui Sultan Brunei, Ajak Kerja Sama Pertahanan dan Pendidikan

Wajah Graham Arnold Kesal

Sementara itu, Timnas Australia tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (6/9/2024) sekitar pukul 16.21 WIB.

Skuad berjuluk Socceroos itu tiba melalui terminal 3 dan tampak keluar dari Gate 1 pada pukul 17.05.

Saat keluar dari Gate 1, para pemain Timnas Australia harus berjalan menuju bus yang berada di pinggir jalan Gate 5

Para pemain Timnas Australia berjalan sejauh 500 meter untuk bisa naik ke bus.

Dari pantauan Tribunnews, Pelatih Timnas Australia Graham Arnold tampak kesal.

Bahkan saat Tribunnews dan hendak mewawancarai, Graham Arnol langsung menolak dan megarahkan tangannya ke kamera handphone Tribunnews.

Sementara itu, para pemain Australia yang berjalan di belakangnya tampak santai dan berbincang satu sama lain.

Begitu juga dengan Jacson Irvine.

Pemain berambut gondrong itu tampak ramah dengan melambaikan tangan ke arah awak media saat disapa.

Seperti diketahui, Timnas Australia tiba di Tanan Air guna melakoni laga kedua putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Grup C menghadapi Timnas Indonesia .

Jacson Irvine dan kawan-kawan datang dengan modal buruk setelah sebelumnya takluk dari Bahrain dengan skor 0-1 di kandang.

Sementara, Timnas Indonesia bakal tampil dengan percaya diri setelah sebelumnya sukses meraih satu poin di kandang Arab Saudi.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Timnas Australia akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

BERITA VIDEO: Bodyguard Atta Halilintar Minta Maaf setelah Kini Dipolisikan Usai Ancam Culik Wartawan

Merepotkan

Di sisi lain, Pelatih Timnas Arab Saudi Roberto Mancini mengatakan bahwa pasukan Green Falcons, julukan Timnas Arab Saudi , banyak mengalami kesulitan.

"Pertandingan pembuka selalu sulit," kata Roberto Mancini dalam konferensi pers usai pertandingan.

Tidak hanya karena memainkan laga perdana, Roberto Mancini pula menerangkan bahwa para pemain Timnas Indonesia bermain cukup baik di laga itu.

Bahkan, Roberto Mancini menyebut skuad Garuda berisikan pemain bagus yang bermain di Liga Eropa.

Pemain Timnas Indonesia yang abroad di Liga Eropa yang jadi starter dalam laga itu, yakni Shayne Pattynama, Ragnar Oratmangoen, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Justin Hubner, Rafael Struick, Calvin Verdonk, Sandy Walsh, Jay Idzes, serta Marcelino Ferdinan.

Selain nama di atas, ada juga Thom Haye yang sebelumnya berkarier di Benua Biru dan kini berstatus tanpa klub.

Kemudian, ada Maarten Paes yang merumput di Liga Utama Sepak Bola Amerika Serikat (MLS).

"Kami juga menghadapi tim yang memiliki pemain-pemain bagus yang bermain di liga-liga Eropa," jelas Roberto Mancini .

Selain dua masalah di atas, mantan Pelatih Inter Milan itu mengungkapkan bahwa anak didiknya memiliki kendala dalam masalah penyelesaian akhir.

Hal tersebut, lanjut Mancini, bukan hanya terjadi dalam laga kontra Indonesia, namun juga sudah menjadi kendala dalam beberapa laga sebelumnya.

"Kami menghadapi masalah dalam mengonversi peluang yang kami miliki, seperti yang terlihat jelas dalam beberapa pertandingan terakhir," ungkap Mancini.

Juru taktik berkebangsaan Italia itu menegaskan, dirinya tidak hanya melihat hasil akhir di laga kali ini.

"Namun, kami tidak hanya menjadikan hasil sebagai ukuran kinerja kami," tegas Roberto Mancini .

Roberto Mancini menyebut, dia akan segera mengevaluasi tim, serta berbenah untuk laga selanjutnya.

Pada pertandingan selanjutnya, Arab Saudi akan bertandang ke markas China dalam laga kedua.

Duel itu akan bergulir di Dalian Suoyuwan Football Stadium, China, Selasa (10/9/2024).

Baca berita lainnya di WhatsApp .

Baca berita lainnya di Google News.

https://wartakota.tribunnews.com/2024/09/07/ketum-pssi-erick-thohir-pastikan-sugbk-siap-digunakan-untuk-laga-timnas-indonesia-kontra-australia