JAWABAN Tugas Sosiologi Kelas 10 Kurikulum Merdeka Latihan Soal Bab 6 Pengendalian Sosial

Yuk ikuti pembelajaran langsung melalui soal latihan pada pelajaran Sosiologi Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Pemelajaran kali ini pada soal latihan pada Bab VI Pengendalian Sosial pada halaman 109-125.

Setiap soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban sebagai panduan belajar.

Untuk meningkatkan kemampuan diri serta pengalaman dalam mempersiapkan diri menghadapi ulangan semester.

Maka dari itu pelajari terlebih dahulu materinya secara tuntas agar dapat menjawab soal latihan .

Soal terdiri dari pilihan ganda dan essay.

A. Pilih salah satu jawaban yang dianggap paling benar

1. Penengertian pengendalian sosial adalah … a. pengendalian terhadap segala bentuk penyimpangan sosial. b. cara untuk memberantas masalah-masalah sosial. c. proses yang ditempuh sekelompok orang atau masya-rakat, sehingga para anggota dapat bertindak sesuai dengan harapan kelompok atau masyarakat. d. pengendalian atau segala bantuan pelanggaran sosial. e. pengendalian atas segala bentuk mekanisme sosial.

Jawaban : C

2. Koentanraningrat menganggap penting penerapan pengen-dalian sosial karena disebabkan oleh … a. pelanggaran nilai dan norma sosial b. ketegangan sosial dalam proses sosial c. terjadinya penyimpangan sosial d. terjadinya kesalahan mekanisme sosial yang salah e. tindakan masyarakat yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang diharapkan.

Jawaban : E

3. Perhatikan pertanyaan berikut : 1. agar para anggotanya bertindak sesuai dengan harapan kelompok dan masyarakat. 2. mencegah terjadinya penyimpangan 3. membuat pedoman untuk berperilaku 4. mencapai kesaksian antara stabilitas dan perubahan yang terjadi di masyarakat. 5. mengarahkan masyarakat ke dalam komunitas kelom-pok tertentu.

Yang menjadi tujuan pengertian sosial adalah … kecuali, a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5

Jawaban : D

4. Apabila mengendarai motor, maka pengendaranya harus memiliki SIM dan mengenakan helm. Pengendalian sosial ini bersifat … a. komulatif b. preventif c. represif d. duaratif e. provokatif

Jawaban : B

5. Dari aspek pelaksanaan teknik atau cara pengendalian sosial dapat dilakukan dengan cara … a. preventif b. refresif c. gabungan d. kompulsi e. penyerangan

Jawaban : A

6. Adalah yang dimaksud dengan FRAUNDALENS... a. mengancam, menekan, menakut-nakuti. b. meminta bantuan kepada pihak lain yang dapat mengatasi masalah. c. tidak mengajak komunikasi terhadap individu. d. menyebarkan berita yang tidak merdasarkan fakta. e. pemukulan, penganiayaan, perusakan terhadap pelaku penyimpangan nilai dan norma.

Jawaban : D

7. 1. cemoohan 2. teguran 3. agama 4. pengawasan 5. penangkapan yang merupakan jenis-jenis pengendalian sosial adalah … a. 1, 2, 3 b. 1, 3, 4 c. 1, 4, 5 d. 2, 3, 4 e. 2, 4, 5

Jawaban : B

8. Berikut adalah fungsi pengendalian sosial , kecuali… a. untuk meyakinkan masyarakat tentang kebaikan norma. b. untuk mempertebal kebaikan norma c. untuk mempertebal keyankinan norma-norma mas-yarakat d. untuk menanamkan nilai. e. untuk menegakan hukum.

Jawaban : E

9.

1. sosialisasi 2. tekanan sosial 3. kekuasaan 4. polisi 5. adatyang bukan merupakan jenis-jenis pengendalian sosial adalah… a. 1, 2 b. 2, 3 c. 3, 4 d. 3 e. 4, 5

Jawaban : A

10. Bentuk pengendalian sosial yang bersifat non institutional biasanya berupa : a. ejekan, penghargaan, dan gosip. b. latimidasi, paksaan dan cemooh. c. hukum, tekanan dan cemooh. d. cemooh, gosip, dan dikucilkan. e. cacian, infimidasi dan pengusiran.

Jawaban : A

Jawablah dengan singkat dan cermat.

1. Jelaskan pengertian pengendalian sosial ?

Jawaban :

Pengendalian sosial adalah proses yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau masyarakat untuk mengatur dan mengarahkan perilaku anggotanya agar sesuai dengan nilai, norma, dan aturan yang berlaku dalam suatu kelompok atau masyarakat. Tujuan utama dari pengendalian sosial adalah untuk menciptakan keteraturan, stabilitas, dan harmoni dalam masyarakat serta mencegah atau mengurangi terjadinya perilaku yang dianggap menyimpang atau merugikan.

2. Mengapa norma dan nilai sangat erat dengan pengendalian sosial ?

Jawaban :

Norma dan nilai sangat erat kaitannya dengan pengendalian sosial karena norma dan nilai adalah panduan atau pedoman perilaku yang dipegang oleh individu dan masyarakat.

Norma adalah aturan atau tindakan yang dianggap benar atau tepat dalam suatu kelompok atau masyarakat, sedangkan nilai adalah keyakinan atau prinsip yang dianggap penting dan dijunjung tinggi dalam budaya dan sosial.

Pengendalian sosial mengacu pada upaya untuk memastikan bahwa individu atau kelompok bertindak sesuai dengan norma dan nilai yang ada dalam masyarakat, dan jika mereka melanggar, maka akan ada mekanisme pengendalian untuk menegakkan kembali norma dan nilai tersebut.

3. Berikanlah contoh pengendalian sosial yang bersifat preventif?

Jawaban :

Contoh pengendalian sosial yang bersifat preventif adalah:

- Pendidikan dan sosialisasi

Melalui pendidikan formal dan informal, individu dipengaruhi dan diajarkan norma-norma sosial yang berlaku. Ini membantu mencegah pelanggaran sosial dengan memastikan individu memahami nilai dan norma yang diharapkan.

- Kampanye kesadaran sosial

Pemerintah atau kelompok masyarakat dapat mengadakan kampanye kesadaran sosial untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya perilaku tertentu, seperti bahaya merokok, minum alkohol berlebihan, atau mengemudi mabuk. Hal ini dapat mencegah perilaku menyimpang.

4. Cara persuasif atau paksaan akan efektif bila diterapkan pada pelanggaran berupa?

Jawaban :

Cara persuasif atau paksaan akan efektif bila diterapkan pada pelanggaran berupa:

Pelanggaran norma atau hukum yang cukup serius dan merugikan masyarakat. Misalnya, tindakan kriminal seperti pencurian, perampokan, atau penipuan sering memerlukan tindakan hukum yang tegas untuk menegakkan aturan dan menjaga ketertiban masyarakat.

Kasus-kasus di mana pendekatan persuasif seperti pendidikan dan peringatan telah dicoba tetapi belum berhasil mengubah perilaku pelanggar. Dalam beberapa kasus, tindakan paksaan mungkin diperlukan sebagai langkah terakhir untuk menghentikan pelanggaran yang berulang.

Dapatkan Informasi Terkini dari Tribun Pontianak via SW di sini

Cek berita dan artikel menarik lainnya melalui akses Google News

https://pontianak.tribunnews.com/2024/09/07/jawaban-tugas-sosiologi-kelas-10-kurikulum-merdeka-latihan-soal-bab-6-pengendalian-sosial