KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Halaman 13, Teks LHO Kunang-kunang dan Teks Eksplanasi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Simak pembahasan mengenai soal dan jawaban untuk pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA / SMK halaman 13.

Adapun pada soal latihan halaman 13 bagian B Mengindentifikasi makna kata dan Informasi faktual dalam laporan hasil observasi dan sumber lainnya yang mendukung Bab 1 Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif

Untuk pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA terdapat 6 Bab diantaranya 6 Bab diantaranya Bab 1 Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif, Bab 2 Mengungkapkan Kritik Lewat Senyuman, Bab 3 Rangkuman BAB 3 Menyusuri NIlai Dalam Cerita Lintas Zaman, Bab 4 Belajar Menjadi Negosiator Ulung, Bab 5 Memetik Keteladanan Dari Biografi Pahlawan, dan Bab 6 Berkarya dan Berekspresi Melalui Puisi.

Siswa dapat memanfaatkan ulasan soal dan jawaban sebagai referensi dan bahan belajar siswa baik di sekolah maupun di rumah.

Cek pembahasan soal dan jawaban pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA / SMK bagian B Mengindentifikasi makna kata dan Informasi faktual dalam laporan hasil observasi dan sumber lainnya yang mendukung Bab 1 Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif serta beberapa sumber :

• KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Halaman 9, Laporan Hasil Observasi Tonggeret

Perbadingan antara teks LHO “Kunang-kunang” dan teks eksplanasi

1. Informasi pada teks LHO “Kunang-Kunang”:

Kunang-kunang hidup di tempat-tempat lembab, seperti rawa-rawa, hutan bakau, dan daerah yang dipenuhi pepohonan (Paragraf 2)

Informasi pendukung pada teks “Kunang-Kunang yang Perlahan Menghilang”:

...kunang-kunang Malaysia (Pteroptyx tener), yang terkenal karena panjangnya, harus kehilangan habitatnya untuk berkembang biak di kawasan bakau.... (Paragraf 2)

2. Informasi pada teks LHO “Kunang-Kunang”:

Cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang tidak berbahaya, malah tidak mengandung ultraviolet dan inframerah. (Paragraf 6)

Informasi pendukung pada teks “Kunang-Kunang yang Perlahan Menghilang”:

Penggunaan cahaya buatan pada malam hari, yang semakin marak selama seabad terakhir, adalah ancaman paling serius kedua bagi kunang-kunang. (Paragraf 3)

• Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Halaman 6, Laporan Hasil Observasi Belalang Anggrek

3. Informasi pada teks LHO “Kunang-Kunang”:

Kunang-kunang merupakan penanda kesehatan sebuah ekosistem (bioindikator) sehingga dapat membantu manusia untuk menilai apakah sebuah daerah masih bersih dan alami atau sudah tercemar. (Paragraf 7)

Informasi pendukung pada teks “Kunang-Kunang yang Perlahan Menghilang”:

Selain itu, Avalon Owens, seorang kandidat PhD dalam biologi di Universitas Tufts, menyampaikan bahwa polusi cahaya benar-benar mengacaukan ritual kawin kunang-kunang yang berdampak kepada regenerasi kunang-kunang. (Paragraf 4)

4. Informasi pada teks LHO “Kunang-Kunang”:

Kunang-kunang juga membantu petani dalam proses penyerbukan dan sebagai pembasmi hama alami. (Paragraf 7)

Informasi pendukung pada teks “Kunang-Kunang yang Perlahan Menghilang”:

Di Thailand, peneliti juga mengatakan bahwa lalu lintas perahu motor di sepanjang sungai bakau telah menumbangkan pohon dan mengikis tepi sungai dan menghancurkan habitat kunang-kunang. (Paragraf 6)

Informasi Terkini Tribun Pontianak Kunjungi Saluran Whatsapp

Cek Informasi Tentang Kunci Jawaban Lainnya Disini

https://pontianak.tribunnews.com/2024/09/07/kunci-jawaban-bahasa-indonesia-kelas-10-sma-halaman-13-teks-lho-kunang-kunang-dan-teks-eksplanasi