Profil LPK Musubu: Jembataan Tenaga Kerja Indonesia ke Jepang, Australia & Selandia Baru

MAUMERE- Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Musubu didirikan sejak September 2019 lalu. LPK ini berada Jalan A.A Gede Rai, Lodtunduh, Ubud, Bali, Indonesia.

Musubu berarti koneksi. Mulanya LPK Musubu bertindak sebagai jembatan kolaboratif antara tenaga kerja Indonesia dan perusahaan Jepang.

Musubu melakukan rekrut anggota baru pada November 2019. Kemudian rekrutan pertama itu dikirim ke Jepang pada Februari 2020.

Adapun program yang ditawarkan Musubu ada tiga di antaranya, Ginou Jisshusei (Magang),Tokuteiginou (SSW) dan Aussie dan New Zealand.

Program Ginou Jisshusei adalah pelatihan kerja di Jepang yang hanya memiliki masa kerja 3 tahun dalam pengawasan kerjanya dibimbing oleh staf yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan jasa pada perusahaan.

Tokutei Ginou (SSW) merupakan skema keterampilan tertentu yang bertujuan untuk menerima warga negara asing dengan kemampuan dan keterampilan tertentu di sector industri yang kesulitan pendapatkan tenaga kerja di dalam negeri. Program ini diresmikan pada April 2019.

Sementara untuk Aussie & New Zealand, dalam Waktu dekat mulai dilaksanakan.

Musubu memiliki visi menjadi lembaga pendidik dan pelatihan yang menghubungkan siswa Indonesia yang berkompetensi dengan perusahaan Jepang , Australia dan Selandia Baru yang berkualitas

Dengan misi menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan secara professional dan berinovasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Musubu juga mengembangkan program, sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan sesuai dengan standar yang berlaku.

Sumber: LPK Musubu

Berita Lainnya di Google News

https://flores.tribunnews.com/2024/09/06/profil-lpk-musubu-jembataan-tenaga-kerja-indonesia-ke-jepang-australia-selandia-baru