KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Halaman 104, Cerpen Puisi Malaikat Juga Tahu

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Inilah pembahasan mengenai soal dan jawaban untuk pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA / SMK halaman 104

Adapun pada soal latihan halaman 104 Kegiatan 4 Mendiskusikan perbedaan cerpen dan puisi “Malaikat Juga Tahu” karya Dee Lestari Bab 4 Menulis Puisi yang Menginspirasi Adanya Kesempatan untuk Semua .

Adapun pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA terdapat 6 Bab diantaranya untuk Semester 1 terdiri dari Bab 1 Mengenalkan dan Mempromosikan Produk Pangan Lokal Indonesia, Bab 2 Menyajikan Berita Inovasi yang Menghibur, Bab 3 Menggali Nilai Sejarah Bangsa lewat Cerita Pendek.

Kemudian pada semester 2 terdiri dari Bab 4 Menulis Puisi yang Menginspirasi Adanya Kesempatan untuk Semua, Bab 5 Mengenal Keberagaman Indonesia lewat Pertunjukan Drama, dan Bab 6 Berperan dalam Konservasi Alam Indonesia Lewat Karya Ilmiah.

Siswa dapat memanfaatkan ulasan soal dan jawaban sebagai referensi dan bahan belajar siswa baik di sekolah maupun di rumah.

Cek pembahasan soal dan jawaban pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA / SMK Kegiatan 4 Mendiskusikan perbedaan cerpen dan puisi “Malaikat Juga Tahu” karya Dee Lestari Bab 4 Menulis Puisi yang Menginspirasi Adanya Kesempatan untuk Semua .serta beberapa sumber :

• Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka Halaman 101 - 102, Cerpen Malaikat Juga Tahu

Mendiskusikan perbedaan cerpen dan puisi “Malaikat Juga Tahu” karya Dee Lestari.

Dalam kelompok yang sama diskusikan persamaan dan perbedaan kedua karya sastra di atas.

1. Apa persamaan cerpen dan puisi “Malaikat Juga Tahu”?

2. Apa perbedaan cerpen dan puisi “Malaikat Juga Tahu”?

• KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Halaman 102, Cerpen Malaikat Juga Tahu

Kunci Jawaban

Contoh jawaban peserta didik: (jawaban ini tidak mengikat, peserta didik dibenarkan dengan jawaban berbeda selama substansinya sama).

Dalam tugas ini, peserta didik dilatih untuk berpikir kreatif, bekerja berkelompok dan berani mengemukakan pendapat sesuai dengan konteks dan sopan.

1. Cerpen dan puisi “Malaikat Juga Tahu” mempunyai persamaan pada judul, tema cerita dan pesan yang disampaikan penulis.

Selain itu, juga persamaan tokoh utama, yakni “Bunda”.

2. Perbedaan cerpen dan puisi “Malaikat Juga Tahu” adalah pada tipografi, sudut pandang penulis. dan bahasa yang digunakan.

Tipografi puisi menggunakan bait-bait, sedangkan pada cerpen berupa paragraf.

Sudut pandang penulis pada puisi menggunakan sudut pandang orang pertama, sedangkan pada cerpen menggunakan sudut pandang orang ketiga.

Salah satu perbedaan bahasa adalah penggunakan aku dan kau pada puisi .

Pada cerpen , tokoh disebut sebagai orang ketiga dengan menggunakan penyebutan Bunda dan Abang.

Informasi Terkini Tribun Pontianak Kunjungi Saluran Whatsapp

Cek Informasi Tentang Kunci Jawaban Lainnya Disini

https://pontianak.tribunnews.com/2024/09/06/kunci-jawaban-bahasa-indonesia-kelas-11-sma-halaman-104-cerpen-puisi-malaikat-juga-tahu