KUNCI JAWABAN Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Halaman 102, Cerpen Malaikat Juga Tahu

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Inilah pembahasan mengenai soal dan jawaban untuk pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA / SMK halaman 102 .

Adapun pada soal latihan halaman 102 Tugas Kegiatan 1 bagian B Menganalisis Unsur-Unsur Intrinsik Pembangun Cerita Bab 3 Menggali Nilai Sejarah Bangsa lewat Cerita Pendek.

Adapun pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA terdapat 6 Bab diantaranya untuk Semester 1 terdiri dari Bab 1 Mengenalkan dan Mempromosikan Produk Pangan Lokal Indonesia, Bab 2 Menyajikan Berita Inovasi yang Menghibur, Bab 3 Menggali Nilai Sejarah Bangsa lewat Cerita Pendek.

Kemudian pada semester 2 terdiri dari Bab 4 Menulis Puisi yang Menginspirasi Adanya Kesempatan untuk Semua, Bab 5 Mengenal Keberagaman Indonesia lewat Pertunjukan Drama, dan Bab 6 Berperan dalam Konservasi Alam Indonesia Lewat Karya Ilmiah.

Siswa dapat memanfaatkan ulasan soal dan jawaban sebagai referensi dan bahan belajar siswa baik di sekolah maupun di rumah.

Cek pembahasan soal dan jawaban pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA / SMK Bab 3 Menggali Nilai Sejarah Bangsa lewat Cerita Pendek serta beberapa sumber :

• Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Halaman 107, Puisi Aku Ingin Karya Sapardi Djoko Damono

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Temukan arti kosakata di bawah ini dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia .

a. autis

b. autisme

c. eksistensi

d. ritual

e. mantra

2. Berdasarkan cerpen yang telah kalian baca di atas, jawablah pertanyaan berikut ini.

a. Pada cerpen di atas, siapakah tokoh Abang?

b. Pada cerpen di atas terdapat kutipan, Mengubah rutinitas itu sama saja dengan menawar bumi agar berhenti mengedari matahari. Jelaskan maksud kalimat tersebut berdasarkan konteks cerita di atas.

c. Mengapa Bunda akan menjagokan Abang?

d. Pada cerpen di atas terdapat kutipan, “Ini tidak adil. Ini tidak masuk akal…,” protes anaknya lagi.

Siapa yang mengatakan kalimat tersebut? Jelaskan maksud dari kalimat tersebut berdasarkan konteks cerita di atas.

e. Pada cerita pendek di atas juga terdapat kutipan, Cintanya adalah paket air mata, keringat, dan dedikasi untuk merangkai jutaan hal kecil agar dunia ini menjadi tempat yang indah dan masuk akal bagi seseorang.

Siapakah yang dimaksud dengan kata ‘seseorang’ pada kutipan di atas? Jelaskan mengapa tokoh ‘ia’ melakukan hal itu?

f. Apakah judul cerita pendek “Malaikat Juga Tahu” sudah mewakili isi cerita? Jelaskan alasan kalian.

3. Berdasarkan unsur-unsur cerpen, isilah tabel di bawah ini.

Unsur Cerpen – Jawaban

1. Tema

2. Pesan

Kunci Jawaban:

1. a. autis = penderita autisme

b. autism adalah kata asing; kata serapan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah autisme = gangguan perkembangan pada anak yang berakibat tidak dapat berkomunikasi dan tidak dapat mengekspresikan perasaan dan keinginannya sehingga perilaku hubungan dengan orang lain terganggu

c. eksistensi = hal berada; keberadaan

d. ritual = tindakan seremonial

e. mantra = perkataan atau ucapan yang memiliki kekuatan gaib (misalnya dapat menyembuhkan, mendatangkan celaka, dan sebagainya)

2. a. Abang adalah anak kedua Bunda.

b. Abang perlu melakukan kegiatan hariannya dengan kondisi yang sama sesuai dengan jadwal. Mengubah kegiatan rutin harian ini sama dengan melakukan sesuatu hal yang tidak mungkin dilakukan.

c. Karena menurut Bunda, Abang mencintai dengan seluruh jiwanya tanpa melihat pilihan lain.

d. Yang mengatakan kalimat itu adalah anak bungsu Bunda.

Anak bungsu Bunda merasa bahwa Bunda menomorsatukan Abang.

Atau:

Anak bungsu Bunda merasa bahwa berpura-pura untuk tidak berpacaran adalah tidak adil karena kesempatannya untuk berbahagia dihalangi.

e. ‘Seseorang’ yang dimaksud adalah Abang. ‘Ia’ adalah Bunda. Bunda ingin memberi Abang kesempatan untuk berbahagia dengan menciptakan keadaan yang dipahami Abang.

f. Menurut saya, judul cerita pendek “Malaikat Juga Tahu” sudah mewakili isi cerita karena isi cerita menunjukkan tindakantindakan Bunda untuk anaknya adalah sebuah pengorbanan.

3. Dalam tugas ini, peserta didik dilatih untuk berpikir kreatif, bekerja berkelompok dan berani mengemukakan pendapatnya sesuai dengan konteks dan sopan.

Hasil diskusi kelompok A:

Tema: Abang layak mendapat kesempatan yang sama.

Pesan: Kasih sayang Ibu tidak terbatas sehingga rela berkorban demi kebahagiaan anaknya.

Informasi Terkini Tribun Pontianak Kunjungi Saluran Whatsapp

Cek Informasi Tentang Kunci Jawaban Lainnya Disini

https://pontianak.tribunnews.com/2024/09/06/kunci-jawaban-bahasa-indonesia-kelas-11-sma-halaman-101-102-cerpen-malaikat-juga-tahu