Marten Taha Akan Daftar KPU untuk Pilgub Gorontalo Dampingi Tonny Uloli

Gorontalo — Marten Taha dipastikan bakal segera mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mewakili Tonny Uloli di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Gorontalo.

Pendaftaran ini menyusul setelah Rustam Akili, yang sebelumnya berpasangan dengan Tonny Uloli , dinyatakan gugur sebagai calon Wakil Gubernur.

Tim pemeriksa kesehatan dari RS Aloe Saboe menyatakan Rustam tidak memenuhi syarat kesehatan jasmani dan rohani.

KPU Provinsi Gorontalo kemudian memberikan tenggat waktu bagi partai pengusung untuk mengganti calon Wakil Gubernur.

Dalam waktu singkat, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem memutuskan untuk mengusung Marten Taha sebagai pengganti Rustam.

Keputusan ini ditandai dengan diterbitkannya dokumen B1 KWK oleh DPP NasDem untuk Marten Taha .

Hal ini dikonfirmasi oleh Ketua Bidang Komunikasi Publik DPW NasDem Provinsi Gorontalo, Alyun Hippy, dalam wawancaranya pada Jumat (6/9/2024).

"Dokumen B1 KWK sudah ditandatangani oleh DPP NasDem untuk Marten Taha pada pukul 10.00 WITA pagi tadi," ungkap Alyun.

Alyun menjelaskan bahwa keputusan ini merupakan hasil musyawarah dengan partai koalisi, PKS dan PKB, yang juga mendukung pasangan ini dalam Pilgub Gorontalo .

"Kami mencari kesepahaman di situ dan akhirnya diputuskan Marten Taha sebagai calon wakil yang tepat," tambahnya.

Lebih lanjut, Alyun menekankan bahwa NasDem tidak memandang latar belakang partai dalam memilih calon pemimpin, melainkan kapabilitas dan visi untuk membangun daerah.

"NasDem tidak membedakan orang berdasarkan partai, tetapi memilih calon yang memiliki kapabilitas untuk membangun daerah. Seperti pak Tonny Uloli , tanpa melihat apakah dia kader atau bukan," jelas Alyun.

Ia juga menambahkan, "NasDem menjadi miniatur tempat berkumpulnya orang-orang hebat."

Alyun turut menyebutkan bahwa Marten Taha mendapat kepercayaan penuh dari Rachmat Gobel untuk membangun Gorontalo bersama Tonny Uloli .

"Pak Rachmat Gobel menaruh kepercayaannya kepada Marten Taha untuk mendampingi Tonny Uloli dalam membangun Gorontalo," ucapnya.

Rencananya, Tonny Uloli dan Marten Taha akan mendaftar di KPU pada Sabtu pagi, meski jadwal pasti pendaftarannya masih didiskusikan.

"Besok pagi akan mendaftar di KPU, soal jamnya masih dibicarakan, apakah ada seremoni yang akan memeriahkan pasangan ini," kata Alyun.

Sebelum keputusan menggandeng Marten Taha , DPW NasDem Gorontalo sempat menawarkan posisi calon Wakil Gubernur kepada beberapa kader NasDem lainnya, seperti Hana Hasanah dan Winarni Monoarfa. Namun, keduanya menolak.

"Ibu Hana menolak karena alasan keluarga, sementara ibu Winarni memilih fokus berkarir di Kementerian," jelas Alyun.

Kini, dengan terbentuknya pasangan Tonny Uloli dan Marten Taha , Partai NasDem optimis dalam menghadapi Pilgub Gorontalo 2024.

https://gorontalo.tribunnews.com/2024/09/06/marten-taha-akan-daftar-kpu-untuk-pilgub-gorontalo-dampingi-tonny-uloli