Rakerwil Partai Nasdem Kalbar, Midji Ajak Cabup dan Cawako Turut Sosialisasikan Program Cagub

Bakal pasangan calon (bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji -Didi Haryono menghadiri Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Partai NasDem Provinsi Kalbar di Hotel Mercure, Jumat 6 September 2024.

Acara tersebut turut dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem Hermawi Taslim, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai NasDem Kalbar Syarief Abdullah Alkadrie, serta para Ketua DPD Partai NasDem , jajaran pengurus, serta ratusan kader Partai NasDem dari seluruh kabupaten/kota se-Kalbar.

Dalam kesempatan itu, Bakal Calon Gubernur (Cagub) Kalbar Sutarmidji menyampaikan harapan agar ada sinergitas yang baik antara calon bupati/wali kota (cabup/cawako), dan dirinya dengan Didi Haryono, sebagai cagub, dan cawagub Kalbar yang diusung Partai NasDem .

Sehingga antara pengurus DPP, DPW, hingga DPD bisa sejalan, dan bergerak bersama untuk memenangkan Pilkada.

"Kita harus sosialisasikan (bersama) beberapa isu, dan program gubernur, dan wagub jika terpilih nanti. Tidak perlu banyak-banyak, tapi program-program yang benar-benar bermanfaat, dan diinginkan oleh masyarakat," ujarnya saat memberikan sambutan.

Midji-sapaan karibnya menjelaskan, program-program tersebut, seperti diantaranya di bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Dimana ketika dirinya menjabat di periode pertama, di bidang pendidikan sudah ada program sekolah gratis untuk pelajar SMA/SMK negeri.

“Yang kita pastikan itu (sekolah gratis) akan terus dijalankan, di periode kedua, jika kami terpilih kembali nanti," tegasnya.

Selanjutnya, di bidang infrastruktur, mantan wali kota Pontianak dua periode itu menyebutkan, di awal masa kepemimpinannya sebagai gubernur di tahun 2018, dari total 1.534 kilometer panjang jalan provinsi, yang kondisinya mantap baru sebesar 49,98 persen.

Namun selama lima tahun, meski sempat menghadapi pandemi Covid-19, banyak anggaran yang dipangkas, serta digunakan untuk penanganan Covid-19, progres pembangunan infrastruktur jalan masih cukup baik.

Hasilnya di akhir masa jabatan pada 2023 lalu, jalan provinsi dengan kondisi mantap bisa ditingkatkan menjadi sekitar 80 persen.

"Artinya kami bisa menyelesaikan sebanyak 30 persen (di periode pertama). Nah sisanya yang 20 persen, akan kami selesaikan jika kembali terpilih nanti (di periode kedua). Saya yakin hanya dalam waktu tiga tahun, yang 20 persen itu bisa tuntas," janjinya.

Sementara untuk bidang kesehatan, Midji menyampaikan saat ini juga sudah hampir rampung. Maka, hal-hal tersebut menurutnya harus bisa tersosialisasikan dengan baik ke masyarakat.

“Dan saya harap apa pun (narasi) yang dibuat lawan (calon lain), yang menyerang, menjelekkan, atau hal-hal yang tidak sesuai, jangan dilawan dengan emosional. Kita cukup sampaikan (jawab) dengan data-data saja, karena para pemilih kita ini kan sudah cerdas," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPW Partai NasDem Kalbar Syarief Abdullah Alkadrie menyampaikan, salah satu hal yang dibahas dalam Rakerwil adalah bagaimana memenangkan calon kepala daerah yang diusung mulai dari tingkat provinsi, hingga kabupaten/kota se-Kalbar, pada Pemilihan Kepala Dearah (Pilkada) Serentak 2024.

"Mari kita rapatkan barisan untuk memenangkan calon gubernur, dan wakil gubernur yang kita usung, dan calon kepala daerah kabupaten/kota yang kita usung di Pilkada nanti," ungkapnya.

Syarief Abdullah menambahkan, semua pengurus harus bisa linier, karena memenangkan calon kepala daerah merupakan tanggung jawab bersama.

Ia pun beraharap pasangan gubernur, bupati/wali kota se-Kalbar yang diusung NasDem semuanya bisa menang di Pilkada nanti.

"Jadi kita harus satu suara, jangan melihat dari figur atau tokoh tertentu saja, tapi semua yang diusung NasDem harus kita menangkan," tegasnya.

Ia pun sempat menyampaikan alasan mengapa Partai NasDem terus mendukung Calon Gubernur Kalbar Sutarmidji hingga menuju periode kedua.

Itu karena, Gubernur Kalbar periode 2018-2023 tersebut telah menunjukkan kinerja yang baik selama lima tahun menjabat di periode pertama.

Kemudian penentuan calon yang diusung, kata dia, juga telah diputuskan lewat analisa, dan diskusi bersama, yang cukup panjang.

"Dan itu telah sesuai dengan harapan Pak Ketum (Surya Paloh), saat memberikan SK (dukungan) ke Pak Sutarmidji . Kita lihat bersama komitmen Pak Sutarmidji tehadap partai juga sangat baik. Salah satunya mendorong dibangunnya Kantor DPW Partai NasDem Kalbar sejak tahun 2016, dan menjadi kantor partai pertama, yang milik partai sendiri," pungkasnya.

Informasi Terkini Tribun Pontianak Kunjungi Saluran WhatsApp

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini disini

https://pontianak.tribunnews.com/2024/09/06/rakerwil-partai-nasdem-kalbar-midji-ajak-cabup-dan-cawako-turut-sosialisasikan-program-cagub