Disporapar Gaungkan Sport Tourism Lewat Event Kelas Dunia yang Dipusatkan di Kalbar

Kadisporapar Provinsi Kalbar Windy Prihastari, mengajak Masyarakat Kalbar untuk menyaksikan dan ikut mensukseskan Event Tinju Dunia, yang mempertemukan antara Daud Yordan, menghadapi Hernan Carrizo petinju asal Argentina, yang digelar di Gor Terpadu Ayani Kalbar , Sabtu 7 September 2024.

“Mari kita saksikan dan ikut mensukseskan event internasional Laga di Khatulistiwa ini,”ajak Windy , saat menghadiri Wieght In and Face Off Session, sekaligus Press Conference Session bersama kedua Petinju, Promotor dan IBA World Commite asal Jerman di GOR Terpadu A. Yani Pontianak , Jumat 6 September 2024 .

Windy mengatakan dampak lain dari terselenggaranya Event ini adalah menjadi bagian dari Promosi Pariwisata Kalimantan Barat , untuk dikenal hingga mancanegara.

“Kami bersyukur dan berterimakasih kepada promotor dan Daud Jordan yang telah memberikan dampak yang luar biasa bagi perkembangan di sektor Pariwisata di Provinsi Kalimantan Barat . Event ini juga menjadi bagian dari Sport Tourism,” ujar Windy .

Sport tourism atau pariwisata olahraga adalah kegiatan wisata yang menggabungkan olahraga dan pariwisata. Kegiatan ini dilakukan dengan cara melakukan perjalanan untuk menyaksikan kegiatan olahraga di suatu tempat.

“Jadi lewat berbagai event olahraga yang mana Kalbar dipercayai sebagai tuan rumah nya, selalu kita kombinasikan dengan rangkaian kegiatan lain, untuk memperkenalkan atau mempromosi wisata disuatu negara atau daerah,”ujarnya.

• Sejarah Baru Bagi Kalbar Kembali Dipercayai Menjadi Tuan Rumah Event Tinju Dunia

Maka dari itu, apabila semakin banyak event olahraga yang terpusat di Kalimantan Barat , maka promosi melalui event olahraga juga bisa terus berkembang. Sehigga, Kalbar bisa dikenal lebih luas hingga mancanegara.

“Jadi memang prinsip utama Sport Tourism adalah kita memperkenalkan pariwisata suatu daerah mulai dari Destinasi, Kuliner, adat istiadat dan budaya, bahkan Wastra Kalimantan Barat , kepada wisatawan yang datang ke Kalbar dengan tujuan utama mereka adalah menonton event olaraga tersebut,” ujarnya.

“Dan di event tinju dunia ini, Daud Jordan juga berkenan mmeperkenalkan Wastra Kalimantan Barat pada Laga di Khatulistiwa ini,” ujarnya.

Selain itu, event ini akan memberikan Multiplier effect. Dikatakan Windy dari sisi ekonomi kreatif juga akan berdampak dengan adanya laga tinju dunia tersebut.

Dimana jika para tamu yang datang ke suatu daerah tentu akan mencari dan berburu oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Sehingga begitu ke Kalbar mereka pasti akan belanja oleh-oleh dan berburu kuliner.

Mengingat momentum luar biasa tersebut Disporapar Kalbar pun menangkap peluang dengan menyediakan paket promosi wisata di Kalbar . Seperti di Kota Pontianak terdapat wisata sejarah, city tour dan banyak lagi yang lain.

"Dengan semakin sering Kalbar diberi kepercayaan menjadi tuan rumah berbagai event ditingkat nasional dan internasional. Maka akan semakin banyak memberikan dampak kepada banyak sektor, yang tentunya akan dirasakan langsung okeh masyarakat Kalbar ," ujarnya.

Windy mengatakan, lagi-lagi ini menjadi kado bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menjelang Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang ke-41 tahun, Kalbar kembali dipercayai menjadi Tuan Rumah Event Tinju Kelas Dunia.

Sejalan dengan tema yang diusung pada Haornas ke-41 tahun yakni Ayo Berolahraga : Bersatu Kita Juara. Di event tinju dunia yang digelar di Kalbar mengusung tema “ Laga di Khatulistiwa ”. Dengan harapan Indonesia juara , dan atlet kebanggaan masyarakat Kalbar yakni Daud Yordan mampu memerebutkan gelar bergengsi IBA World Super Lightweight Championship.

Selain itu, Windy mengatakan dengan hadirnya Gor Terpadu Ayani yang memiliki kapasitas 5000 penonton, dan bertaraf internasional ini dapat menjadi sentra baru dalam pengembangan olahraga daerah.

Dapatkan Informasi Terkini dari Tribun Pontianak via SW DI SINI

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini Di sini

https://pontianak.tribunnews.com/2024/09/06/disporapar-gaungkan-sport-tourism-lewat-event-kelas-dunia-yang-dipusatkan-di-kalbar