Terjawab Apa Itu Tren TikTok Chroming yang Viral Lengkap Dampaknya, Berbahaya bisa Makan Korban

- Terjawab sudah apa itu tren TikTok Chroming yang viral dan dampaknya, awas berbahaya jangan diikuti.

Saat ini viral Chroming Challenge disebut menjadi tren baru di TikTok .

Seperti yang diketahui, sosial media menjadi sarana munculnya bahasa-bahasa gaul dan tren yang semakin hits.

Banyak yang mencari tahu apa itu Chroming Challenge dan bagaimana mengikutinya.

Ternyata, Chroming Challenge berbahaya dan patut diwaspadai, bahkan bisa memakan korban.

Arti ‘Chroming Challenge’

Tren TikTok Chroming Challenge ini melibatkan aksi menghirup sisa gas dari produk seperti hairspray, deodoran, tiner, dan penghilang cat kuku.

Pada dasarnya tren ini hanya untuk mendapatkan sensasi namun hal tersebut sangat berbahaya.

Ada banyak risiko serius yang ditumbulkan dari tren Chroming Challenge ini.

Korban dari Chroming Challenge

Sudah ada korban dari tren Chroming ini salah satunya, Caesar Warson-King, seorang anak berusia 12 tahun asal Doncaster, Inggris.

Ia hampir kehilangan nyawanya setelah berpartisipasi dalam tren TikTok itu.

Cesar Watson-King menghirup sekaleng deodoran sebagai bagian dari tantangan yang dikenal sebagai "chroming," dan pingsan di rumahnya di Doncaster, South Yorkshire, pada tanggal 21 Agustus, seperti yang dilaporkan Metro.

Ibunya, Nichola King, yang baru saja selesai menyusui anak bungsunya di lantai atas, terkejut mendengar suara keras dan bergegas turun untuk memeriksa.

Wanita berusia 36 tahun itu terkejut saat mendapati putranya mengalami kejang di lantai dapur sebelum ia mengalami serangan jantung.

Kemudian Cesar dilarikan ke rumah sakit, di mana ia ditempatkan dalam kondisi koma yang diinduksi secara medis selama dua hari setelah mengalami kejang dan serangan jantung lebih lanjut.

Untungnya, Cesar sudah pulih dan kini sudah kembali ke rumah, tetapi Nichola, seorang ibu dari empat anak, telah membagikan foto putranya yang sedang menerima CPR dan dirawat intensif untuk memperingatkan orang lain tentang bahaya kromium.

Tren ini melibatkan menghirup bahan kimia beracun dari berbagai zat seperti cat, pelarut, kaleng aerosol, produk pembersih, atau bensin untuk mendapatkan efek "mabuk" sesaat.

Dampaknya dapat menyebabkan bicara tidak jelas, pusing, halusinasi, mual, dan disorientasi, tetapi juga dapat menyebabkan serangan jantung atau mati lemas.

Mengenang momen saat ia mendengar putranya jatuh, Nichola berkata, "Saya baru saja selesai menyusui bayi saya dan hampir tertidur ketika saya mendengar suara ledakan yang sangat keras.

Saya pikir salah satu anak telah melakukan sesuatu. Saya mendengar Cesar merangkak turun ke bawah dan mengira dia sedang mencari sesuatu untuk dimakan. Suara ledakan itu terdengar seperti seseorang telah jatuh.

Saya mendengar suara erangan dari bawah dan mengira Cesar mengalami patah tulang atau semacamnya. Ketika saya turun ke bawah, saya melihatnya tergeletak di lantai, dan matanya berputar ke belakang kepalanya. Itu mengerikan. Dia mengalami kejang," ucap sang ibu dikutip dari ndtv.com.

Nichola berlari ke atas untuk mengambil ponselnya, tetapi tangannya gemetar hebat sehingga ia tidak dapat membukanya, jadi ia meminta anak sulungnya untuk memanggil ambulans.

Ia kemudian mulai melakukan CPR pada Cesar untuk mencoba memulihkan pernapasannya.

"Saya pikir dia terjatuh dan kepalanya terbentur. Saya tidak tahu apa yang terjadi. Tubuhnya membiru dan berhenti bernapas. Saya pikir dia sudah meninggal. Saya benar-benar terkejut.

Saya melihat anak saya meninggal dan matanya tidak bisa melihat cahaya."

Setelah Cesar dibawa ke Doncaster Royal Infirmary, polisi memberi tahu Nichola bahwa mereka telah menemukan sekaleng deodoran Aldi Lacura dan perlengkapan kromium lainnya di lantai dapur, yang membuat mereka yakin Cesar telah menghirup deodoran tersebut sebelum kehilangan kesadaran.

Nichola berkata, "Saya belum pernah mendengar tentang kromium sebelum ini. Seorang anak laki-laki yang lebih tua telah menunjukkan kepadanya cara melakukannya.

Ketika polisi memberi tahu saya apa yang telah dihirupnya, saya pikir dia akan mati. Saya tahu peringatan di bagian belakang kaleng yang mengatakan 'penyalahgunaan pelarut dapat membunuh seketika.'"

Cesar kemudian dipindahkan ke Rumah Sakit Anak Sheffield, di mana ia dirawat dalam keadaan koma yang diinduksi secara medis selama 48 jam.

Ketika ia sadar dari koma, ia mulai menunjukkan tanda-tanda kemajuan, segera bernapas sendiri dan mampu berbicara dan berjalan.

Setelah delapan hari di rumah sakit, Cesar dipulangkan dan diizinkan pulang.

Nichola berkata, "Saya sangat gembira. Ia hampir kembali normal saat keluar dari rumah sakit—makan, minum, dan tertawa. Ia hanya merasa lelah.

Kami tidak tahu tentang kerusakan jangka panjangnya, tetapi ingatan jangka pendeknya sangat buruk. Ia tidak dapat mengingat apa yang telah terjadi. Jika saya tidak mendengar sesuatu malam itu, saya akan menemukan mayat keesokan paginya.

Saya telah berbicara dengan Cesar dan memintanya untuk tidak melakukan hal seperti ini lagi. Saya telah membuang semua barang yang disemprotkan di rumah."

Peringatan untuk Tidak Mengikuti Tren Chroming Challenge Ibu anak 12 tahun itu juga ingin memperingatkan anak-anak lain yang mungkin tergoda untuk mencoba Chroming Challenge , "Itu tidak sepadan. Mungkin terasa enak, tetapi itu sama sekali tidak terasa enak saat Anda berada di rumah sakit, berjuang untuk bernapas, dan menyebabkan rasa sakit pada orang tua Anda."

Demikian ulasan mengenai arti chroming challenge tren berbahaya yang viral di TikTok .

Artikel ini telah tayang di https://www.sonora.id dengan judul "Arti ‘Chroming Challenge’, Tren Berbahaya yang Viral di TikTok ".

Ikuti berita populer lainnya di Google News , Channel WA , dan Telegram

https://kaltim.tribunnews.com/2024/09/06/terjawab-apa-itu-tren-tiktok-chroming-yang-viral-lengkap-dampaknya-berbahaya-bisa-makan-korban