Kabar Baik STY dan Timnas Indonesia, Maarten Paes Bisa Diturunkan di Laga Arab Saudi vs Indonesia

- Kabar baik menghampiri pelatih Shin Tae-yong jelang laga Timnas Indonesia bahwa Maarten Paes bisa diturunkan di laga Arab Saudi vs Indonesia di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 .

Laga antara Arab Saudi vs Indonesia akan dilangsungkan di King Abdullah Stadion, Jumat, 6 September 2024 dinihari Wita.

Kepastian soal Maarten Paes bisa diturunkan memperkuat Timnas Indonesia disampaikan oleh manajer Timnas Sumardji setelah kegiatan Match Coordination Meeting di Jeddah, Rabu, 4 September 2024.

“Hari ini sudah selesai kegiatan MCM untuk pertandingan Arab Saudi kontra Indonesia. Pada saat MCM disampaikan dan disahkan bahwa Paes bisa dimainkan di laga tersebut,” kata Sumardji dikutip Tribun Bali dari laman resmi PSSI .

Kabar dapat diturunkannya Maarten Paes di laga Timnas Indonesia melawan Arab Saudi tentu menjadi angin segar dalam menambah kedalaman skuad racikan Shin Tae-yong .

Striker berbahaya Arab Saudi

Menghadapi laga tandang di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Arab Saudi, Timnas Indonesia dan pelatih Shin Tae-yong mesti ekstra waspada dengan lini depan The Green Falcons.

Laga Arab Saudi vs Indonesia akan digulirkan di King Abdullah Stadion, Jeddah, pada Jumat, 6 September 2024 pukul 02.00 Wita dinihari.

Menghadapi duel Arab Saudi vs Indonesia ini, jajaran lini pertahanan Timnas Indonesia yang dihuni Jay Idzes, Rizky Ridho, Shayne Pattynama, Sandy Walsh dan Calvin Verdonk dkk harus ekstra waspada.

Pasalnya, tim besutan Roberto Mancini punya sederet pemain depan berbahaya dan punya insting bertaji dalam menjebol gawang lawan.

Sosok pertama yang mesti ekstra diwaspadai adalah striker Firas Al Buraikan yang tercatat bermain untuk klub di liga utama Arab Saudi, Al Hilal.

Dikutip Tribun Bali dari laman transfermakt, Rabu, 9 September 2024, Firas Al Buraikan sejauh ini telah membukukan 10 gol dari 42 kali penampilannya bersama timnas senior Arab Saudi.

Striker berpostur 1,81 meter ini juga punya catatan impresif ketika tampil di liga domestik Arab Saudi dengan membukukan 13 gol dan 7 asis di musim 2023/2024 lalu.

Punya postur jangkung dan sepakan keras terukur menjadi salah satu andalan bagi striker Timnas Arab Saudi ini.

Lini pertahanan Timnas Indonesia mesti hati-hati mengawal pergerakan Firas Al Buraikan.

Striker Arab Saudi lainnya adalah Saleh Al Shehri .

Pemain depan klub Al Ittihad ini bersama klub di Liga utama Arab Saudi musim 2023/2024 telah mencetak 5 gol bagi klubnya.

Sedangkan karir internasionalnya bersama timnas Arab Saudi, Saleh Al Shehri telah mencatatkan 34 kali penampilan bersama The Green Falcons dengan membukukan 5 gol.

Striker berpostur 1,84 meter ini juga menjadi salah satu andalan bagi Roberto Mancini untuk menghadapi Timnas Indonesia lusa.

Striker berikutnya yang dimiliki Arab Saudi adalah Abdullah Radif dan Mohammed Maran.

Nama Abdullah Radif juga patut diwaspadai jajaran bek Timnas Indonesia lantaran pemain ini juga punya ketajaman soal mencetak gol ke gawang lawan.

Striker berpostur 1,87 meter ini juga punya statistik mentereng ketika turun membela timnas Arab Saudi.

Abdullah Radif telah dipercaya untuk memperkuat Arab Saudi dalam 13 pertandingan sejak 2021 silam.

Dari 13 laga itu, Abdullah Radif telah mencetak 2 gol bagi Arab Saudi.

Punya tinggi badan jangkung, tentu sosok Abdullah Radif akan menjadi ancaman dalam duel udara dengan jajaran bek Timnas Indonesia .

Kemudian nama terakhir adalah Mohammed Maran, striker yang masih muda, namun diyakini punya skill berbahaya.

Kendati belum mencatatkan debut internasionalnya bersama Arab Saudi.

Namun, bila dipercaya Roberto Mancini di susunan pemain Arab Saudi tentu bakal punya kans untuk merepotkan barisan lini pertahanan Timnas Indonesia .

Tentu bakal menarik menanti lini depan Roberto Mancini melawan racikan pelatih Shin Tae-yong.

Persiapan STY

Jelang laga babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Arab Saudi vs Indonesia , pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong terus memaksimalkan persiapan dan menggembleng fokus tim.

Pertandingan Arab Saudi vs Indonesia di Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan digulirkan di King Abdullah Stadion, Jeddah, Jumat, 6 September 2024 dinihari Wita.

Ya, kick-off laga Arab Saudi vs Indonesia akan dimulai pukul 01.00 WIB atau 02.00 Wita.

Dilansir dari laman resmi website PSSI , sejumlah pemain pada Senin 2 September 2024 tampak melakukan latihan, satu di antaranya adalah Maarten Paes .

Kendati diguyur hujan deras ketika berlatih di lapangan, namun Shin Tae-yong mengungkapkan seluruh pemain dalam kondisi baik.

"Memang kondisi para pemain baik-baik saja, tetapi memang sudah dua hari latihan, dan hari kedua ini hujan deras. Ini hal unik di Arab dan hujan. Paling penting performa pemain, apakah meningkat atau tidak. Itu yang jadi perhatian utama saya saat ini," ujar Shin Tae-yong .

Tak hanya soal kondisi pemain, Shin Tae-yong juga mengomentari soal kondisi terbaru kiper Maarten Paes yang dinilainya cukup baik.

"Maarten (Paes) kondisinya tidak jelek, pastinya dia capek karena lama di perjalanan. Saya masih belum bisa cek kondisi Paes, karena tidak masuk ke sesi latihan utama," beber Shin Tae-yong .

Penjaga gawang

Maarten Paes (FC Dallas, Amerika Serikat)

Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya)

Muhammad Adi Satryo (PSIS Semarang)

Nadeo Argawinata (Borneo FC)

Bek

Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers, Inggris)

Rizky Ridho (Persija Jakarta)

Muhammad Ferarri (Persija Jakarta)

Wahyu Prasetyo (Malut United)

Calvin Verdonk (NEC Nijmegen, Belanda)

Jay Idzes (Venezia, Italia)

Sandy Walsh (KV Mechelen, Belgia)

Shayne Pattynama (KAS Eupen, Belgia)

Asnawi Mangkualam (Port FC, Thailand)

Pratama Arhan (Suwon FC, Korea Selatan)

Gelandang

Nathan Tjoe-A-On (Swansea City, Inggris)

Thom Haye (-)

Ivar Jenner (Jong Utrecht, Belanda)

Ricky Kambuaya (Dewa United)

Penyerang

Egy Maulana Vikri (Dewa United)

Witan Sulaeman (Persija Jakarta)

Marselino Ferdinan (Oxford United, Inggris)

Dimas Drajad (Persib Bandung)

Rafael Struick (ADO Den Haag, Belanda)

Ragnar Oratmangoen (FCV Dender, Belgia)

Ramadhan Sananta (Persis Solo)

Hokky Caraka (PSS Sleman)

Pelatih: Shin Tae-yong

Jadwal Timnas Indonesia di Ronde III Kualifikasi Piala Dunia 2026 (September 2024)

Jumat, 6 September 2024

Kick-off 01.00 WIB: Arab Saudi vs Timnas Indonesia

Lokasi: King Abdullah Sports City

Selasa, 10 September 2024

Kick-off 19.00 WIB: Timnas Indonesia vs Australia

Lokasi: Stadion Utama Gelora Bung Karno

>>> Baca berita terkait <<<

(Tribun Bali/Ady)

https://bali.tribunnews.com/2024/09/05/kabar-baik-sty-dan-timnas-indonesia-maarten-paes-bisa-diturunkan-di-laga-arab-saudi-vs-indonesia