Tata Kelola Pemkot Mojokerto Diakui Berstandar Internasional, Raih Anugerah Pandu Negeri 2024

MOJOKERTO - Pemkot Mojokerto dinobatkan sebagai Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Governansi Is timewa kategori platinum, di ajang Anugerah Pandu Negeri (APN) Tahun 2024.

Penghargaan bergengsi dari Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ke-11 RI sekaligus Ketua Dewan Penasihat IIPG, Prof. Dr. H. Boediono, di Grand Ballroom Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta pada Kamis (5/9/2024).

Sekretaris Daerah Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo mewakili Pj Wali Kota Mojokerto, Moh Ali Kuncoro untuk menerima penghargaan tersebut.

APN 2024 bertajuk Governansi dan inovasi daerah untuk Indonesia unggul dan berdaya saing.

Penilaian melalui studi oleh IIPG yakni, implementasi governansi sektor publik, yang bertujuan terciptanya pencapaian inovasi untuk peningkatan potensi daya saing daerah berkelanjutan.

Untuk Pemkot Mojokerto meraih kategori platinum, yang merupakan level tertinggi setelah kategori gold, silver dan umum.

Sekda Kota Mojokerto, Gayuk Tri Prasetyo mengatakan capaian dalam Anugerah Pandu Negeri 2024, diharapkan semakin memotivasi jajaran di Pemkot Mojokerto , untuk memberikan yang terbaik dalam menjalankan birokrasi dan pelayanan publik.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh jajaran di Pemkot Mojokerto , untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan dalam birokrasi," jelasnya, Kamis (5/9/2024).

Menurutnya, penghargaan APN untuk Pemkot Mojokerto tidak membuat Pemda berpuas diri.

Justru dengan prestasi ini, harus tetap komitmen untuk terus bergerak bersama, bersinergi dan berkolaborasi demi kesejahteraan masyarakat di Kota Mojokerto.

"Di tengah era digitalisasi berbagai tantangan harus kita selesaikan, tentunya sinergi dan kolaborasi yang menjadi kuncinya," ucap Gaguk.

Untuk diketahui, APN 2024 berdasarkan hasil penilaian praktik Governansi terbaik dari 548 kota/ kabupaten se-Nusantara.

Kegiatan APN adalah wujud nyata peran IIPG, sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendukung reformasi governansi sektor publik, agar mampu mencapai kinerja terbaik dengan mempertahankan sinergi dan harmonisasi multisektor.

https://jatim.tribunnews.com/2024/09/05/tata-kelola-pemkot-mojokerto-diakui-berstandar-internasional-raih-anugerah-pandu-negeri-2024