BMKG Sorong Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Atmosfer Rossby di Wilayah Udara Fakfak

FAKFAK - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I DEO Sorong mengeluarkan peringatan dini adanya potensi gelombang atmosfer rossby ekuatorial di wilayah udara Kabupaten Fakfak Papua Barat.

Itu disampaikan Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I DEO Sorong, Ahmad Bisri dalam rilis pers yang diterima di Fakfak Papua Barat, Kamis (5/9/2024).

"Kami informasikan kepada masyarakat, bahwasanya kami telah mengeluarkan peringatan dini cuaca wilayah mulai berlaku dari tanggal 2 hingga 8 September 2024 ini," tuturnya.

Ahmad Bisri menyebutkan, adanya aktivitas gelombang atmosfer rossby ekuatorial di wilayah Kabupaten Fakfak yang mempengaruhi pertumbuhan awan.

"Sehingga khusus Fakfak memang dalam periode waktu dari tanggal 5 sampai 8 September 2024 berdasarkan analisis kami merupakan wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," jelasnya.

Peringatan dini tersebut juga dikeluarkan selain karena melihat potensi gelombang atmosfer rossby ekuatorial, tetapi juga suhu muka laut di wilayah perairan yang cukup hangat.

"Suhunya itu berada pada kisaran 26 sampai 31 derajat celcius, yang mengakibatkan peningkatan pasokan uap air di atmosfer," bebernya.

Untuk itu, menyikapi hal tersebut, BMKG Sorong mengimbau masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan.

"Bisa saja karena cuaca ekstrem tersebut terjadi dapat menimbulkan banjir, tanah longsor, jalan licin, angin kencang, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang," rinci Ahmad Bisri .

Dalam kesempatan itu, pihaknya mengimbau kepada pemerintah setempat untuk dapat mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya mitigasi bencana hidrometeorologi tersebut.

"Misalnya dengan memberikan peringatan kepada masyarakat yang tinggal di daerah bertopografi curam atau bergunung-gunung, daerah rawan longsor atau banjir agar tetap waspada," pesannya sebagai penutup.

https://papuabarat.tribunnews.com/2024/09/05/bmkg-sorong-keluarkan-peringatan-dini-gelombang-atmosfer-rossby-di-wilayah-udara-fakfak