Dewan Adat Mbaham Matta Terbitkan 1.200 Surat Keterangan OAP

FAKFAK - Dewan Adat Mbaham Matta Kabupaten Fakfak , Provinsi Papua Barat sejauh ini telah mengeluarkan Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP) bagi 1.200 orang pelamar CPNS formasi 2024 khusus OAPOAP.

Ketua Dewan Adat Mbaham Matta Kabupaten Fakfak , Demianus Tuturop menyebutkan ada syarat yang harus dibawa saat mengajukan permohonan Surat Keterangan OAP.

"Jadi kami mensyaratkan mereka (para pelamar OAP) untuk membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) untuk dilakukan pengecekan langsung atau verifikasi," tandasnya.

Pihaknya hanya ingin memastikan bahwasanya yang mendapatkan Surat Keterangan OAP ialah untuk mendaftar CPNS 2024 betul-betul adalah orang asli Papua.

"Kami tidak membatasi waktu, pokoknya bebas, silahkan datang menyampaikan maksud dan tujuan maka akan dilayani," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya menegaskan bahwasanya Surat Keterangan OAP yang diterbitkan Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak tidak menjamin yang bersangkutan lolos seleksi CPNS 2024.

"Kami mencoba memberikan pemahaman ke mereka pada pendaftar bahwa kami hanya mengeluarkan surat bukan jamin menjamin lolos atau tidaknya," beber Demianus Tuturop .

Disinggung soal surat yang diperuntukkan, ia menyebutkan pihaknya mengeluarkan Surat Keterangan OAP secara umum bagi orang asli Papua bukan hanya asli Fakfak saja.

Sebelumnya diketahui, sebanyak 80 persen dikhususkan kuotanya untuk Orang Asli Papua (OAP) dalam seleksi penerimaan CPNS formasi tahun 2024.

https://papuabarat.tribunnews.com/2024/09/05/dewan-adat-mbaham-matta-terbitkan-1200-surat-keterangan-oap