Revitalisasi Alun-Alun Merdeka Kota Malang Bakal Dikebut, Air Mancur akan Diubah

MALANG - Pemerintah Kota Malang akan segera melakukan revitalisasi Alun-alun Merdeka Kota Malang .

Revitalisasi akan dipercepat dan harus tuntas di akhir tahun 2024 ini.

Dalam revitalisasi Alun-alun Merdeka Kota Malang ini dipastikan air mancur di tengah alun-alun akan diubah.

Rumput yang ada di alun-alun juga akan diubah.

Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Lingkungan Hidup telah merampungkan kajian dan hasil konsultasi publik mengenai revitalisasi Alun-alun Merdeka.

"Tentang desain dan segalanya sudah selesai seperti hasil konsultasi publik. Pelaksanaannya memang harus dikebut," ungkap Laode KB Al Fitra, Kabid Ruang Terbuka Hijau Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang , Kamis (5/9/2024).

Ia menjelaskan, sejumlah perbaikan yang akan dilakukan di Alun-alun seperti perbaikan tempat bermain anak, lalu perbaikan kamar kecil.

"Air mancurnya (akan dibuat) seperti di Taman Trunojoyo. Keluar dari tanah," kata Laode.

Laode mengatakan, Pihaknya akan segera menyelesaikan revitalisasi sesuai dengan hasil konsultasi publik.

Sebelumnya, Pj Wali Kota Malang , Iwan Kurniawan telah menggelar rapat dengan dinas terkait dan Bank Jatim , selaku pendukung pendanaan revitalisasi melalui program tanggungjawab sosial perusahaan pada Rabu (4/9/2024).

Iwan Kurniawan mendorong agar pembangunan dilaksanakan secepatnya dan dapat diselesaikan pada akhir tahun 2024.

Sehingga, masyarakat tak perlu menunggu lama lagi untuk menikmati wajah baru Alun-alun Merdeka Malang .

"Revitalisasi Alun-Alun Merdeka ini merupakan bentuk kepedulian dalam memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Maka dari itu besar harapan kami agar proses pembangunan bisa dipercepat,” ujar Iwan.

Iwan menegaskan terkait revitalisasi Alun-Alun Merdeka, nantinya harus memiliki sarana dan prasarana mumpuni yang memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

Ia meminta kualitas pembangunan juga harus menjadi perhatian prioritas.

“Sekaligus saya tekankan dalam pemilihan material pembangunan seperti paving dan fasilitas umum lainnya termasuk toilet, untuk tetap mengedepankan kualitas materialnya agar kebermanfaatannya dapat terasa hingga jangka waktu yang panjang,” tambahnya.

Pemimpin Unit Hubungan Kelembagaan Bank Jatim pusat, Retno Handayani telah memaparkan tahapan revitalisasi sudah dilakukan mulai dari tahap konsultan perencana, tim teknis, persiapan konsultan pengawas dan saat ini sudah dalam proses pelaksanaan tender fisik.

Pihaknya akan berupaya untuk berkomunikasi terkait percepatan.

“Terkait dengan jadwal, kami akan mencoba adanya percepatan. Untuk itu akan kami koordinasikan lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait,” ujarnya. (Benni Indo)

https://suryamalang.tribunnews.com/2024/09/05/revitalisasi-alun-alun-merdeka-kota-malang-bakal-dikebut-air-mancur-akan-diubah