Rektor UNS Lantik dan Ambil Sumpah Dekan dan Direktur RS

JAKARTA – Rektor Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta Hartono melantik dan mengambil sumpah Dekan dan Direktur RS UNS. Pelantikan berlangsung secara luring dan daring di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS.

Sejumlah pejabat mengisi jabatan Dekan Fakultas dan Sekolah di lingkungan UNS serta Direktur Rumah Sakit (RS) UNS masa jabatan 2024-2029. Pengangkatan Dekan di lingkungan UNS masa jabatan 2024-2029 merupakan hal yang kompleks.

Proses ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 56 tahun 2020 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) UNS yang mana menyatakan bahwa pengangkatan dekan adalah hak dari rektor sepenuhnya. Dalam kenyataannya, Prof. Hartono tetap mendengarkan masukan dengan melibatkan stakeholder di fakultas dan mencoba melakukan penjaringan by merit yang sesuai.

"Kami ingin memastikan bahwa pimpinan fakultas bisa membawa peningkatan kinerja pada institusi. Sehingga pengangkatan pimpinan di UNS bukan hanya perkara like dan dislike," ujar Hartono, Kamis (5/9/2024).

Hartono berpesan bahwa momen ini bukan hanya formalitas dalam sebuah organisasi akademik. Pelantikan ini adalah simbol kontinuitas, stabilitas, dan harapan akan kemajuan institusi UNS ke depan. Para Dekan diharapkan mampu menjadi pemimpin yang visioner, inovatif, dan inspiratif. Di tengah dinamika dunia pendidikan yang semakin kompleks dan kompetitif, para dekan harus dapat menjawab tantangan-tantangan baru dengan solusi yang tepat dan strategis, Hartono akan mengadakan mekanisme evaluasi kinerja yang dilakukan secara berkala.

https://edukasi.okezone.com/read/2024/09/05/65/3059053/rektor-uns-lantik-dan-ambil-sumpah-dekan-dan-direktur-rs